SILABUS PEMBELAJARAN
SATUAN PENDIDIKAN : MADRASAH TSANAWIYAH
MATA PELAJARAN : FIKIH
KELAS/PEMINATAN : IX (SEMBILAN)
SEMESTER : GANJIL
KOMPETENSI INTI :
KI 1 | : | Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya |
KI 2 | : | Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya. |
KI 3 | : | Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. |
KI 4 | : | Mengolah,menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. |
SILABUS KELAS IX/ GANJIL
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 |
1.1 Menghayati nilai-nilai dari ketentuan menyembelih binatang | Kesadaran pentingnya nilai-nilai dari ketentuan menyembelih binatang | Menanamkan kesadaran pentingnya nilai-nilai dari ketentuan menyembelih binatang | 1. Penilaian Diri 2. Penilaian Teman 3. Observasi 4. Jurnal Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai kompetensi yang ingin dicapai | - | |
2.1 Membiasakan sikap selektif dan hati-hati sebagai implementasi dari pemahaman ketentuan menyembelih binatang menurut syariat Islam | Pembiasaan pentingnya sikap selektif dan hati-hati dalam ketentuan menyembelih binatang menurut syariat Islam | Pembiasaan pentingnya sikap selektif dan hati-hati sebagai implementasi dari pemahaman ketentuan menyembelih binatang menurut syariat Islam. | - | - | |
3.1. Memahami ketentuan menyembelih binatang 4.1 Mendemonstrasikan tata cara menyembelih binatang | Ketentuan menyembelih binatang Praktek menyembelih binatang | - Mengamati gambar / video tentang menyembelih binatang. - Menyimak hasil pengamatan gambar / videonya - Membaca materi tentang ketentuan menyembelih binatang - Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan - Mengajukan pertanyaan terkait tentang ketentuan menyembelih binatang - Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik - Mencari data tentang ketentuan menyembelih binatang - Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian - Menilai dan menganalisa hasil presentasi kelompok lain - Mengidentifikasi ketentuan menyembelih binatang - Menganalis hikmah ketentuan menyembelih binatang - Merumuskan hikmah dari kisah tentang menyembelih binatang - Mendemonstrasikan tata cara menyembelih binatang - Menyimpulkan materi pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang ketentuan menyembelih binatang - Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan | Tugas · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang ketentuan menyembelih binatang · Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan · Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas · Tes · Tes tulis · Lisan Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan | 2 TM (4 x 40 Menit) | · Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2016 · Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2016 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi · Lingkungan sekitar yang mendukung |
1.2 Meyakini perintah berkurban dan akikah | Penanaman kesadaran pentingnya perintah berkurban dan akikah | Membimbing penghayatan atas pentingnya perintah berkurban dan akikah. | 1. Penilaian Diri 2. Penilaian Teman 3. Observasi 4. Jurnal Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai kompetensi yang ingin dicapai | - | - |
2.2.Membiasakan sikap dermawan sebagai implementasi dari pemahaman ketentuan kurban dan akikah | Pembiasaan sikap dermawan dalam ketentuan kurban dan akikah | Pembiasaan sikap dermawan sebagai implementasi dari pemahaman ketentuan kurban dan akikah | - | - | |
3.2 Memahami ketentuan kurban dan akikah 4.2. Menyajikan contoh tata cara pelaksanaan kurban akikah | Ketentuan Kurban dan Akikah contoh tata cara pelaksanaan kurban akikah | - Mengamati gambar/video/orang yang melakukan kurban dan akikah - Menyimak hasil pengamatan nya - Membaca materi tentang ketentuan kurban dan akikah - Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan. - Mengajukan pertanyaan terkait tentang ketentuan kurban dan akikah - Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik - Mencari data dan informasi tentang ketentuan kurban dan akikah - Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian - Menilai dan menganalisa hasil presentasi kelompok lain - Membuat bagan tentang ketentuan ketentuan kurban dan akikah - Mengemukakan pendapat tentang ketentuan kurban dan akikah - Memotivasi peserta didik agar melaksanakan kurban dan akikah sesuai dengan ketentuan - Memperagakan contoh tata cara pelaksanaan kurban akikah - Melaksanakan tanya jawab - Memaparkan bagan tentang ketentuan kurban dan akikah - Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan | Tugas · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang ketentuan kurban dan akikah · Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan · Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas Portofolio · Membuat paparan tentang materi ajar beserta contoh-contoh dilapangan Tes · Tes tulis · Lisan | 3 TM (6 x 40 Menit) | · Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2016 · Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2016 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi · Lingkungan sekitar yang mendukung |
1.3 Menghayati ketentuan jual beli dan qirad | Penghayatan pentingnya kesadaran ketentuan jual beli dan qirad | Membimbing pentingnya kesadaran menghayati ketentuan jual beli dan qirad. | 1. Penilaian Diri 2. Penilaian Teman 3. Observasi 4. Jurnal Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai kompetensi yang ingin dicapai | - | |
2.3 Membiasakan sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman ketentuan jual beli dan qirad | Pembiasaan Memiliki sikap jujur dalam ketentuan jual beli dan qirad | Pembiasaan Memiliki sikap jujur sebagai implementasi dari pemahaman ketentuan jual beli dan qirad | - | - | |
3.3. Memahami ketentuan jual beli dan qirad 4.3. Mempraktikkan pelaksanaan jual beli dan qirad | Ketentuan Jual Beli dan Qirad Simulasi jual beli dan qirad | - Mengamati video/gambar jual beli dan qirad - Menyimak hasil pengamatan nya - Membaca materi tentang ketentuan jual beli dan qirad - Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan. - Mengajukan pertanyaan terkait tentang ketentuan jual beli dan qirad - Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik - Mencari data dan informasi tentang ketentuan jual beli dan qirad - Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian - Menilai dan menganalisa hasil kelompok lain - Membuat analisis tentang ketentuan jual beli dan qirad - Merumuskan hikmah ketentuan jual beli dan qirad - Mengemukakan pendapat tentang hikmah dari ketentuan jual beli dan qirad - Memotivasi peserta didik agar melaksanakan jual beli dan qirad sesuai ketentuan - Memaparkan bagan tentang ketentuan jual beli dan qirad - Mensimulasikan tata cara jual beli dan qirad sesuai ketentuan - Melaksanakan tanya jawab - Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan | Tugas: · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang ketentuan jual beli dan qirad · Diskusi kelompok membahas hasil pengamatan · Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas Portofolio, · Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang ketentuan jual beli dan qirad · Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan dengan ketentuan jual beli dan qirad Tes: - Lisan - Tulis | 3 TM (6 x 40 Menit) | · Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2016 · Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2016 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi · Lingkungan sekitar yang mendukung |
1.4 Menyadari manfaat dan hikmah larangan riba dalam jual beli | Perenungan manfaat dan hikmah larangan riba dalam jual beli | Merenungi manfaat dan hikmah larangan riba dalam jual beli | 1. Penilaian Diri 2. Penilaian Teman 3. Observasi 4. Jurnal Guru memilih bentuk penilaian yang sesuai kompetensi yang ingin dicapai | - | - |
2.4 Membiasakan sikap tanggung jawab sebagai implementasi dari pemahaman riba | Pembiasaan perilaku tanggung jawab dalam pemahaman riba | Pembiasaan perilaku tanggung jawab sebagai implementasi | - | - | |
3.4. Menganalisis larangan riba 4.4. Menyajikan tata cara menghidari riba | Manfaat larangan riba Simulasi menghindari pelaksanaan riba | - Mengamati gambar/video orang yang melaksanakan praktek riba - Menyimak hasil pengamatan gambar/videonya - Membaca materi tentang larangan riba - Memotivasi untuk mengajukan pertanyaan. - Mengajukan pertanyaan terkait larangan riba - Menguatkan dengan menjelaskan hasil pengamatan dan pertanyaan peserta didik - Mencari data dan informasi tentang larangan riba - Mendiskusikan data/bahan yang diperoleh secara bergantian - Menilai dan menganalisa hasil kelompok lain - Membuat analisis larangan riba - Merumuskan larangan riba - Menyimpulkan hikmah dari larangan riba - Memotivasi peserta didik agar senantiasa menghindari riba. - Mendemonstrasikan praktek riba - Melaksanakan tanya jawab - Memaparkan intisari dari pelajaran tersebut dalam bentuk bagan tentang larangan riba - Merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan | Tugas: · Mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang larangan riba · Diskusi kelompok membahas hasil penggalian informasi · Mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas Portofolio · Penilaian ini digunakan untuk menilai hasil pekerjaan baik individu maupun kelompok tentang larangan riba · Membuat laporan pengamatan tentang hal-hal yang berkaitan dengan larangan riba. | 2 TM (4 x 40 Menit) | · Buku Pedoman Guru Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2016 · Buku Pegangan Siswa Mapel Fikih MTs, Kemenag RI, 2016 · Al-Qur’an dan Terjamahanya · Buku penunjang lainnya yang relevan · Media cetak dan elektronik sesuai materi · Lingkungan sekitar yang mendukung |
Thanks for reading Silabus Fiqih MTs. Kelas 9 Semester 2 tahun 2018