Assalamu alaikum Sahabat Dede.
Blog ini membagikan seputar tentang Penelitian Tindakan Kelas atau lebih dikenal dengan PTK. baik itu tingkat sekolah dasar maupun tingkat lanjutan/
Penelitian Tindakan Kelas atau PTK ini digunakan sebagai persyaratan untuk kenaikan tingkat bagi Guru PNS maupun sebagai laporan Akhir dari tugas yang dilaksanakan baik Mahasiswa maupun yang lainnya.
Nah, kali ini saya akan memberikan Contoh cara penyusunan PTK yang mana untuk contoh Proposal sudah bisa di lihat di laman blog ini, dan sekarang kita akan mempelajari dari awal pembuatan.
Bagi anda para pemula, cara penyusunan hampir mirip dengan penyusunan laporan akhir yang biasa dilakukan mahasiswa, namun disini saya tidak akan membahas tentang teknik penyusunan PTK itu sendiri melainkan menguraikan contoh penulisan dari mulai awal sampai akhir berikut lampirannya.
COVER
ABSTRAK
Blog ini membagikan seputar tentang Penelitian Tindakan Kelas atau lebih dikenal dengan PTK. baik itu tingkat sekolah dasar maupun tingkat lanjutan/
Penelitian Tindakan Kelas atau PTK ini digunakan sebagai persyaratan untuk kenaikan tingkat bagi Guru PNS maupun sebagai laporan Akhir dari tugas yang dilaksanakan baik Mahasiswa maupun yang lainnya.
Nah, kali ini saya akan memberikan Contoh cara penyusunan PTK yang mana untuk contoh Proposal sudah bisa di lihat di laman blog ini, dan sekarang kita akan mempelajari dari awal pembuatan.
Bagi anda para pemula, cara penyusunan hampir mirip dengan penyusunan laporan akhir yang biasa dilakukan mahasiswa, namun disini saya tidak akan membahas tentang teknik penyusunan PTK itu sendiri melainkan menguraikan contoh penulisan dari mulai awal sampai akhir berikut lampirannya.
COVER
PEMANFAATAN MULTIMEDIA POWER POINT
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII
MTs AL-ISHLAH GIRIJAYA NAGRAK SUKABUMI
Oleh :
DEDE JAMALUDIN
SUKABUMI
2015 M. / 1436 H.
ABSTRAK
ABSTRAKS
Dede
Jamaludin, Pemanfaatan Multimedia
Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih
Kelas VII MTs Al-Ishlah Girijaya, Nagrak, Sukabumi.
Setiap
akan mengajar, guru perlu membuat persiapan mengajar dalam rangka melaksanakan
sebagian dari rencana bulanan dan rencana tahunan. Dalam persiapan itu sudah
terkandung tentang, tujuan mengajar, pokok yang akan diajarkan, metode
mengajar, bahan pelajaran, alat peraga dan teknik evaluasi yang digunakan.
Karena itu setiap guru harus memahami benar tentang tujuan mengajar, secara
khusus memilih dan menentukan metode mengajar sesuai dengan tujuan yang hendak
dicapai, cara memilih, menentukan dan menggunakan media pembelajaran, cara
membuat tes dan menggunakannya, dan pengetahuan tentang alat-alat evaluasi.
Permasalahan
yang ingin dikaji dalam dalam penelitian tindakan ini adalah: (a) Bagaimana
pelaksanaan pemanfaatan Multimedia Powerpoint pada mata pelajaran fiqih kelas
VII MTs Al-Ishlah Girijaya? (b) Bagaimana hasil belajar siswa pada pelaksanaan
pemanfaatan Multimedia Powerpoint pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTs
Al-Ishlah Girijaya?
Tujuan
penelitian yang hendak diperoleh adalah : (a) Mendeskripsikan pelaksanaan
pemanfaatan Multimedia Power Point pada mata pelajaran Fiqih kelas VII MTs
Al-Ishlah Girijaya, (b) Mendeskripsikan hasil belajar siswa pada pelaksanaan
pemanfaatan Multimedia Powerpoint pada mata pelajaran fiqih kelas VII MTs
Al-Ishlah Girijaya.
Penelitian
ini menggunakan penelitian tindakan (action
research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap
yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs.
Al-Ishlah Desa Girijaya Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi. Data yang
diperoleh berupa hasil tes formatif dan lembar observasi kegiatan belajar
mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan
bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III
yaitu, siklus I (70,22%), siklus II (84,89 %) dan Siklus III (100,00%).
Simpulan
dari penelitian ini adalah pemanfaatan multimedia powerpoint dapat berpengaruh positif terhadap
kemampuan dan aktifitas siswa dalam
mempelajari materi Fiqih Siswa Kelas VII MTs Al-Ishlah Girijaya Nagrak Sukabumi
serta media pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
PERSETUJUAN
PEMANFAATAN MULTIMEDIA POWER POINT
UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII
MTs AL-ISHLAH GIRIJAYA NAGRAK SUKABUMI
Oleh :
DEDE JAMALUDIN
Menyetujui,
Pembimbing I,
.................................
|
|
Pembimbing II,
...............................
|
Mengetahui
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
(STAI) AL-MASTHURIYAH SUKABUMI
Ketua,
...........................
PENGESAHAN
PENGESAHAN
Skripsi
berjudul Pemanfaatan Multimedia
Power Point untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fiqih
Kelas VII MTs Al-Ishlah Girijaya Nagrak Sukabumi. Telah
dipertanggungjawabkan dalam sidang Munaqosyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI)
Al-Masthuriyah Sukabumi pada tanggal 2 Juni 2015. Skripsi ini telah diterima
sebagai salah satu syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan Islam pada
Jurusan Pendidikan agama Islam (PAI).
Sukabumi,
2 Juni 2015
Menyetujui,
Pembimbing I,
.................................
|
Pembimbing II,
...............................
|
Mengetahui
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
(STAI) AL-MASTHURIYAH SUKABUMI
Ketua,
...........................
RIWAYAT HIDUP
Penulis bernama Dede Jamaludin, dilahirkan di Sukabumi, pada tanggal 27 Oktober 1988. merupakan anak kedua dan empat bersaudara, orang tua penulis bernama Wawan (Alm.) dan Pipih.
Penulis menyelesaikan pendidikan SD, MTs dan MA, serta berijazah. Setelah itu melanjutkan ke Perguruan Tinggi, yaitu ke STAI Al-Masthuriyah Sukabumi mengambil jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dan menyelesaikan Program Sarjana pada tahun 2015.
Pengalaman berorganisasi yang pernah diikuti penulis yaitu Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Dan selama menjadi mahasiswa, penulis aktif mengikuti berbagai kegiatan seperti seminar dan kegiatan lainnya baik yang diadakan di kampus maupun di luar kampus.
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur atas pembuatan skripsi ini dapat diselesaikan dengan baik yang sepatutnya penulis panjatkan kehadirat Allah SWT.
penulis mengucapkan terima kasih kepada kedua pembimbing yaitu Bapak R. Dedi Supriatna, M.Ag, dan Bapak. M.Nasir, M.Ag. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Bapak Kepala Madrasah Tsanawiyah Al-Ishlah yang telah memberikan kesempatan kepada penulis untuk menyelesaikan skripsi.
Akhirnya skripsi ini dipersembahkan kepada almamater dan masyarakat akademik semoga menjadi setitik sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan yang amat luas.
Sukabumi, Juni 2015
Penulis