PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
MELALUI MEDIA
SIMETRI LIPAT PADA SISWA KELAS IV
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
MASALAH
Pendidikan merupakan bagian penting dalam kehidupan
manusia, sekolah merupakan lingkungan pendidikan formal. Dikatakan formal karena disekolah terlaksana
kegiatan yang terencana dan terorganisir, termasuk kegiatan proses belajar
mengajat di dalam kelas.
Pelajaran matematika adalah salah satu bidang ilmu
yang dijadikan sebagai mata pelajaran pokok dari tingkat SD sampai SMU, tetapi
realita yang ada prestasi belajar matematika kelas IV rendah, banyak keluhan
dari siswa bahwa pelajaran matematika sulit, tidak menarik bahkan menakutkan
dikarenakan media pembelajaran kurang tepat, sehingga hasil belajar matematika
di SDN Utan Kayu Utara 08 Pagi kurang.
Ketika membelajarkan matematika di sekolah
hendaknya guru memilih strategi, pendekatan dan media serta teori yang banyak
melibatkan siswa aktif dalam belajar baik secara mental, fisik maupun
sosial. Langkah yang ditempuh oleh
peneliti untuk mencapai proses belajar mengajar menjadi efektif yaitu dengan
penelitian tindakana kelas (PTK), karena PTK merupakan penelitian tindakan
untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang memberikan solusi pada masalah yang
ada dan umpan balik pada situasi apapun.
IDENTIFIKASI MASALAH
Pada penelitian melalui obsevasi lapangan dan
wawancara dengan siswa dan guru di dapatkan informasi sebagai berikut :
Ketidak siapan siswa dalam belajar
matematika. Hal ini di tunjuk dengan
sebagian besar siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit.
Siswa kurang fokus dalam menyimak materi yang
diberikan guru.
Kurang perhatian orang tua.
Kurangnya media pembelajaran yang digunakan.
PEMBATASAN MASALAH
Kurang tepatnya media yang digunakan dalam proses
belajar mengajar pada pelajaran matematika di kelas IV SDN Utan Kayu Utara 08
Pagi di Kecamatan Matraman.
RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah maka rumusan
masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah :
“ Bagaimana upaya peningkatan hasil belajar
matematika siswa dengan media pembelajaran simetri lipat di kelas IV SDN Utan
Kayu Utara 08 Pagi.”
TUJUAN PENELITIAN
Secara umum tujuan penelitian ini adalah
meningkatkan hasil belajar matematika.
Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk
menerapkan media pembelajaran, memperbaiki dan menerapkan media pembelajaran,
memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
MANFAAT PENELITIAN
Penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk :
Bagi siswa, meningkatkan hasil belajar siswa.
Bagi guru, dapat memilih media yang tepat.
Bagi sekolah, dapat memberikan informasi dalam
perbaikan pembelajaran.
KERANGKA BERFIKIR DAN HIPOTESIS
KAJIAN TEORI
Menurut Briggs : media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan peran serta merangsang
siswa utuk belajar.
Contoh
: Buku, kaset, film, dan
poster.
Menurut Asosiasi teknologi dan komunikasi
pendidikan menyatakan media adalah jenis komponen dalam lingkungan siswa yang
dapat merangsangnya untuk belajar.
Pengertian
belajar
Menurut Nana Sujana adalah kegiatan berupa
intelektual, mental, emosional, sosial dan motorik siswa sehingga dapat
mencapai tujuan dan hasil.
Menurut John Dewey adalah kegiatan nyata yang
dilakukan siswa untuk memperoleh pengalaman batu yang relatif mudah diingat dan
tidak cepat lupa.
Hasil
Belajar
Hasil belajar adalah perubahan pada diri seseorang
dari yang tidak tahu menjadi tahu, dan yang tidak baik menjadi baik dan perubahan
itu berlangsung tetap.
Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku
yang mencakup aspek kegnetif, apektif, dan psikomotorik. Aspek kegnetif berkaitan dengan pengetahuan
dan pemikiran. Aspek apektif berkaitan
dengan sikap, sedangkan aspek psikomotorik berkaitan dengan ketrampilan dan
gerak tubuh.
Hasil belajar dapat diukur melalui evaluasi. Evaluasi adalah proses memperoleh informasi dan
menggunakannya untuk membuat kesimpulan.
Hakekat belajar matematika kemampuan yang dimiliki
siswa setelah menerima pengalaman belajar matematika untuk mendapatkan
perubahan tingkah laku yang mencakup aspek kegnetif, apektif, dan
psdikomotorik.
KERANGKA BERFIKIR
Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan
untuk menyalurkan pesan dan pengiriman ke penerima sehingga dapat merangsang
pikiran, perasaan, dan minat siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil
belajar.matematika siswa SDN Utan Kayu Utara 08 Pagi.
HIPOTESIS TINDAKAN
Dengan menggunakan media pembelajaran simetri
lipat dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Utan Kayu
Utara 08 Pagi.
BAB III
METODELOGI
PENELITIAN
TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN
TEMPAT
PENELITIAN
Penelitian dilaksanakan di SDN Utan Kayu Utara 08
Pagi. Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.
WAKTU
PENELITIAN
Jadwal PTK
A.
JENIS PENELITIAN
Jenis penelitian adalah penelitian
tindakan kelas (PTK)
B.
SUBYEK PENELITIAN
Subyek penelitian adalah seluruh siswa
kelas IV SDN Utan Kayu Utara 08 Pagi.
C.
LANGKAH – LANGKAH PENELITIAN
Dalam penelitian akan dilaksanakan
dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu :
a. Perencanaan
b. Tindakan.
c. Pengamatan.
d. Refleksi.
Dilanjutkan dengan perencanaan –
perencanaan kembali dan disusun sebuah modifikasi dalam bentuk rangkaian
tindakan dan pengawasan lagi begitu seterusnya, sehingga membentuk sebuah
siklus.
Siklus I belum berhasil karena belum
mencapai KKIA.
Dilanjutkan dengan siklus II dengan
signifikasn.
D.
TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Teknik pengumpulan data yang digunakan
untuk mendapatkan data penelitian dengan cara observasi, yaitu :
a. Pengamatan langsung secara
sistematis mengenai permasalahan yang diteliti dengan menggunakan format
pengamatan pelaksanaan tindakan penelitian pada suatu kelas, kemudian dibuat
cetakan sesuai dengan dilakukan observasi yang terlibat dalam penelitian.
b. Catatan adalah yang dilakukan
peneliti selama pelaksanaan baik berupa kelebihan dan kekurangan yang perlu di
tambah pada penelitian tindakan.
E.
INSTRUMEN PENELITIAN
Instrumen yang digunakan pada
pengumpulan data yaitu pengamatan tindakan yang dilakukan peneliti.
Dalam penelitian instrumen ini berbentuk
format pengawasan pelaksanaan tindakan kelas dan catatan lapangan.
Sedangkan instrumen yang digunakan
berbentuk tes – tes hasil belajar dalam nmeningkatkan hasil belajar mengacu
kepada kurikulum KTSP.
F.
TEKNIK ANALISIS DATA
Berdiskusi dan hasil pengamatan antara
penelitian dan observer untuk perbaikan pada setiap siklus dengan 4 tindakan
yaitu perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi.
Hasil belajar matematika siswa,
apabila belum meningkat maka dilanjutkan ke siklus berikutnya (siklus ke 2).
DAFTAR PUSTAKA
1.
Sriyanto, 2007, Strategi Sukses menguasai Matematika, Jogyakarta,
Indonesia.
2.
Purwanto, SE, 2010, Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah.
3.
Suherman, Eman, Strategi Pembelajaran Matematka Kontempores, Bandung I.
4.
Mulyana, 2003, Rahasia Matematika, Surabaya.
5.
Koesmartono dkk, 1977, Matematika Asik, Jakarta, Grasindo.
6.
Turmadi, 2003, Panduan Pengembangan Matematika, Jakarta DEPDIKNAS.
Thanks for reading PTK Matematika Peningkatan pembelajaran melalui Media simetri lipat pada siswa kelas IV
No comments:
Post a Comment