09 January 2018

PTK Matematika Peningkatan pembelajaran melalui Media simetri lipat pada siswa kelas IV

January 09, 2018
PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA SIMETRI LIPAT PADA SISWA KELAS IV

BAB   I
PENDAHULUAN


A.   LATAR BELAKANG MASALAH

Pendidikan merupakan bagian penting dalam kehidupan manusia, sekolah merupakan lingkungan pendidikan formal.  Dikatakan formal karena disekolah terlaksana kegiatan yang terencana dan terorganisir, termasuk kegiatan proses belajar mengajat di dalam kelas.
Pelajaran matematika adalah salah satu bidang ilmu yang dijadikan sebagai mata pelajaran pokok dari tingkat SD sampai SMU, tetapi realita yang ada prestasi belajar matematika kelas IV rendah, banyak keluhan dari siswa bahwa pelajaran matematika sulit, tidak menarik bahkan menakutkan dikarenakan media pembelajaran kurang tepat, sehingga hasil belajar matematika di SDN Utan Kayu Utara 08 Pagi kurang.
Ketika membelajarkan matematika di sekolah hendaknya guru memilih strategi, pendekatan dan media serta teori yang banyak melibatkan siswa aktif dalam belajar baik secara mental, fisik maupun sosial.  Langkah yang ditempuh oleh peneliti untuk mencapai proses belajar mengajar menjadi efektif yaitu dengan penelitian tindakana kelas (PTK), karena PTK merupakan penelitian tindakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang memberikan solusi pada masalah yang ada dan umpan balik pada situasi apapun.


IDENTIFIKASI MASALAH

Pada penelitian melalui obsevasi lapangan dan wawancara dengan siswa dan guru di dapatkan informasi sebagai berikut :
Ketidak siapan siswa dalam belajar matematika.  Hal ini di tunjuk dengan sebagian besar siswa menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit.
Siswa kurang fokus dalam menyimak materi yang diberikan guru.
Kurang perhatian orang tua.
Kurangnya media pembelajaran yang digunakan.

PEMBATASAN MASALAH

Kurang tepatnya media yang digunakan dalam proses belajar mengajar pada pelajaran matematika di kelas IV SDN Utan Kayu Utara 08 Pagi di Kecamatan Matraman.


RUMUSAN MASALAH

Berdasarkan latar belakang masalah maka rumusan masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah :

“ Bagaimana upaya peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan media pembelajaran simetri lipat di kelas IV SDN Utan Kayu Utara 08 Pagi.”


TUJUAN PENELITIAN

Secara umum tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika.
Secara khusus tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan media pembelajaran, memperbaiki dan menerapkan media pembelajaran, memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa.


MANFAAT PENELITIAN

Penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk :
Bagi siswa, meningkatkan hasil belajar siswa.
Bagi guru, dapat memilih media yang tepat.
Bagi sekolah, dapat memberikan informasi dalam perbaikan pembelajaran.



KERANGKA BERFIKIR DAN HIPOTESIS


KAJIAN TEORI

Menurut Briggs : media adalah segala alat fisik yang dapat menyajikan peran serta merangsang siswa utuk belajar.
Contoh   :    Buku, kaset, film, dan poster.
Menurut Asosiasi teknologi dan komunikasi pendidikan menyatakan media adalah jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.

Pengertian belajar 

Menurut Nana Sujana adalah kegiatan berupa intelektual, mental, emosional, sosial dan motorik siswa sehingga dapat mencapai tujuan dan hasil.

Menurut John Dewey adalah kegiatan nyata yang dilakukan siswa untuk memperoleh pengalaman batu yang relatif mudah diingat dan tidak cepat lupa.

Hasil Belajar

Hasil belajar adalah perubahan pada diri seseorang dari yang tidak tahu menjadi tahu, dan yang tidak baik menjadi baik dan perubahan itu berlangsung tetap.
Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku yang mencakup aspek kegnetif, apektif, dan psikomotorik.  Aspek kegnetif berkaitan dengan pengetahuan dan pemikiran.  Aspek apektif berkaitan dengan sikap, sedangkan aspek psikomotorik berkaitan dengan ketrampilan dan gerak tubuh.
Hasil belajar dapat diukur melalui evaluasi.  Evaluasi adalah  proses memperoleh informasi dan menggunakannya untuk membuat kesimpulan.
Hakekat belajar matematika kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajar matematika untuk mendapatkan perubahan tingkah laku yang mencakup aspek kegnetif, apektif, dan psdikomotorik.


KERANGKA BERFIKIR

Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dan pengiriman ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, dan minat siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar.matematika siswa SDN Utan Kayu Utara 08 Pagi.


HIPOTESIS TINDAKAN

Dengan menggunakan media pembelajaran simetri lipat dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Utan Kayu Utara 08 Pagi.

              













BAB   III
METODELOGI PENELITIAN


TEMPAT DAN WAKTU PENELITIAN

TEMPAT PENELITIAN

Penelitian dilaksanakan di SDN Utan Kayu Utara 08 Pagi.  Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.

WAKTU PENELITIAN

Jadwal PTK


A.                JENIS PENELITIAN

Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK)


B.                 SUBYEK PENELITIAN

Subyek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Utan Kayu Utara 08 Pagi.


C.                LANGKAH – LANGKAH  PENELITIAN

Dalam penelitian akan dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan, yaitu :
a.       Perencanaan
b.      Tindakan.
c.       Pengamatan.
d.      Refleksi.
Dilanjutkan dengan perencanaan – perencanaan kembali dan disusun sebuah modifikasi dalam bentuk rangkaian tindakan dan pengawasan lagi begitu seterusnya, sehingga membentuk sebuah siklus.

Siklus I belum berhasil karena belum mencapai KKIA.

Dilanjutkan dengan siklus II dengan signifikasn.


D.                TEKNIK PENGUMPULAN DATA

Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data penelitian dengan cara observasi, yaitu :
a.       Pengamatan langsung secara sistematis mengenai permasalahan yang diteliti dengan menggunakan format pengamatan pelaksanaan tindakan penelitian pada suatu kelas, kemudian dibuat cetakan sesuai dengan dilakukan observasi yang terlibat dalam penelitian.
b.      Catatan adalah yang dilakukan peneliti selama pelaksanaan baik berupa kelebihan dan kekurangan yang perlu di tambah pada penelitian tindakan.



E.                 INSTRUMEN PENELITIAN

Instrumen yang digunakan pada pengumpulan data yaitu pengamatan tindakan yang dilakukan peneliti.
Dalam penelitian instrumen ini berbentuk format pengawasan pelaksanaan tindakan kelas dan catatan lapangan.
Sedangkan instrumen yang digunakan berbentuk tes – tes hasil belajar dalam nmeningkatkan hasil belajar mengacu kepada kurikulum KTSP.


F.                 TEKNIK ANALISIS DATA

Berdiskusi dan hasil pengamatan antara penelitian dan observer untuk perbaikan pada setiap siklus dengan 4 tindakan yaitu perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi.
Hasil belajar matematika siswa, apabila belum meningkat maka dilanjutkan ke siklus berikutnya (siklus ke 2).









DAFTAR PUSTAKA


1.                              Sriyanto, 2007, Strategi Sukses menguasai Matematika, Jogyakarta, Indonesia.

2.                              Purwanto, SE, 2010, Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah.

3.                              Suherman, Eman, Strategi Pembelajaran Matematka Kontempores, Bandung I.

4.                              Mulyana, 2003, Rahasia Matematika, Surabaya.

5.                              Koesmartono dkk, 1977, Matematika Asik, Jakarta, Grasindo.

6.                              Turmadi, 2003, Panduan Pengembangan Matematika, Jakarta DEPDIKNAS.



Thanks for reading PTK Matematika Peningkatan pembelajaran melalui Media simetri lipat pada siswa kelas IV

Related Posts

Your Comments

No comments:

Recent Posts

Copyright © DEDE JAMAL. All rights reserved. Template by CB Blogger