08 January 2018

PTK Matematika Tentang Perbandingan Dua Bilangan

January 08, 2018
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG PERBANDINGAN DUA BILANGAN DI KELAS IV


DAFTAR  ISI


BAB  I .   PENDAHULUAN
1.1.            Latar belakang
1.2.            Identifikasi Masalah
1.3.            Analisis dan Perumusan Masalah
1.4.            Tujuan penelitian
1.5.            Manfaat Penelitian

BAB  II . KERANGKA TEORITIK DAN HIPOTESIS
2.1.            Kerangka Teori
2.2.            Kerangka Berfikir
2.3.            Kerangka  Tindakan

BAB  III .   TINDAKAN RANCANGAN PENELITIAN
3.1.            Setting penelitian
3.2.            Rencana Tindakan
3.3.            Skenario Tindakan
3.4.            Analisis Data




BAB   I
PENDAHULUAN


A.   Latar Belakang Masalah
             Berdasarkan hasil observasi yang diperoleh sejumlah informasi tentang kualitas masukan daya serap ketuntasan belajar serta respon terhadap mata pelajaran matematika, pada umumnya latar belakang siswa sangat bervariasi sehingga sangat berpengaruh terhadap sifat pengalaman dan tingkat kemahiran berbahasa. Apabila guru kurang memahami latar belakang dan pengalaman siswanya dan merumuskan dengan cara penyajian yang sangat verbal, maka siswa akan cepat menjadi bosan dengan pelajaran itu.
             Hal ini respon siswa dalam pelaksanaan proses pelajaran matematika masih sangat kurang. Kondisi tersebut karena guru selalu mengandalkan ceramah dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas. Para guru kurang mengetahui awal siswa sebagai hasil interalusi dengan lingkungannya.
             Proses pembelajaran matematika semestinya melibatkan siswa lebih aktif serta mengelola temuannya yang diperoleh dari mengamati, meramalkan dan menggunakan alat dan bahan, menerapkan konsep, berkomunikasi, dan menggunakan metode pendekatan ketrampilan proses (Praktik) membantu siswa mempermudah pemahaman siswa pelajaran matematika.
             Berdasarkan uraian diatas maka, penelitian ini dirancang untuk mengkaji tindak penerapan metode pendekatan ketrampilan proses guru memudahkan memahami perbandingan dua bilangan.



B.   Rumusan Masalah
              Berdasarkan pendahuluan diatas, maka permasalahan penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut:
1.    Apakah dapa tmeningkatkan minat siswa terhadap pembelajaran matematika?
2.    Apakah pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil?
3.    Hambatan-hambatan apa saja yang dapat dialami siswa dalam mempelajari perbandingan dua bilangan melalui praktik dengan menggunakan alat peraga sederhana?

C.   Pemecahan Masalah
             Pembelajaran matematika dengan menggunakan metode pendekatan keterampilan proses (praktik) sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku sekarang ini. Dengan menggunakan metode tersebut, diharapkan siswa dalam mempelajari matematika, lebih bergairah, bersemangat serta lebih bermakna
             Kriteria keberhasilan penelitian ini dapat dilihat munculnya perubahan sikap yang positif, peningkatan prestasi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

D.   Tujuan Penelitian
             Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat siswa SDN Ragunan 10 pagi, dalam pelajaran matematika melalui metode pendekatan keterampilan proses serta mendeskripsikan respon siswa dalam belajar matematika




E.   Manfaat Hasil Penelitian
             Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan konstribusi terhadap pengembangan pembelajaran matematika di SD, dalam upaya mengatasi kesulitan belajar siswa manfaat praktis yang dapat dipetik dari hasil penelitian ini adalah:
a.    Temuan-temuan dalam penelitian ini dapat dijadikan alternatif oleh guru dalam merancang dan melaksanakan program pembelajaran matematika.
b.    Memberikan pengalaman langung kepada guru-guru di SD untuk mengembangkan pembelajaran matematika
c.    bagi sekolah dapat dipakai sebagai wahana untuk memberi kesempatan kepada guru dalam menumbuhkembangkan kreatifitas siswa serta meningkatkan intesitas dalam pembelajaran matematika..
d.   Bagi guru sebagai pedoman dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran matematika dengan menggunakan metode keterampilan proses yaitu alat peraga sederhana.


BAB II
KERANGKA TEORITIS DAN HIPOTESIS

A.   Kajian Teori
             Pelajaran Matematika bukan semata-mata pelajaran hapalan, tetapi pengajaran yang banyak memberikan peluang untuk dapat melaksanakan berbagai pengamatan, latihan yang berkaitan dengan pengembangan cara berpikir yang sehat dan masuk akal, serta menekankan pada pendekatan ketrampilan proses.
             Dalam pendekatan ketrampilan proses perlu dilengkapi alat peraga, sehingga dapat mendorong anak untuk mengembangkan dasar-dasar pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang berguna untuk melanjutkan studi maupun untuk hidup dalam masyarakat.
             Ketrampilan proses adalah perulangan berkali-kali agar pengertian itu mendalam pada diri anak (N.K Roestiyah, masalah-masalah ilmu keguruan, jakarta. Bina aksara 1989). Dengan penerapan ketrampilan proses dalam pembelajaran matematika yang elah dirancang oleh guru dapat memotivasi siswa untuk berkreativitas dalam mencari memecahkan masalah serta menemukan hal-hal yang baru.
             Oleh karena penelitian ini mencoba menerapkan masalah pendektan ketrampilan dalam pembelajaran tentang perbandingan dua bilangan. Kemudian hasil yang mereka temukan diharapkan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.



B.   Hipotesis
             Berdasarkan kerangka berpikir yang telah dikemukakan diatas maka dapat dirumuskan hipotesis sebagai berikut: ada peningkatan hasil pembelajaran matematika melalui metode pendekatan ketrampilan proses oleh siswa kelas IV SDN RAGUNAN 10 Pagi, kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, melalui praktek dengan mengembangkan alat-alat sederhana pada pembelajaran matematika tentang perbandingan dua bilangan.


BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A.   Tempat dan Waktu Penelitian
             Tempat dan waktu penelitian dilaksanak dikelas IV, semester I SDN Ragunan 10 Pagi, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan dengan jumlah siwa 35 orang terdiri dari 16 laki-laki dan siswa 19 perempuan, 3 bulan yaitu bulan Agustus, September dan Oktober tahun pelajaran 2011/2012.

B.   Subyek dan Obyek Penelitian
             Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas IV SDN Ragunan 10 pagi, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sedangkan obyeknya adalah metode pendekatan ketrampilan proses.

C.   Rencana Kegiatan
             Rencana Kegiatan yang akan dilaksanakan pada setiap siklusnya adalah sebagai berikut:
1.    Rencana 1:
       a.    Menentukan jadwal pelaksanaan tindakan
       b.    Pembagian kelompok
       c.    Menyiapkan rencana pembelajaran
       d.    Menyiapkan alat-alat praktik



2     tindakan 1:
             Guru melaksanakan proses pembelajaran, dikelas dengan melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran menggunakan alat-alat peraga sederhana tentang perbandingan dua bilangan
3.    Observasi
             Pada saat proses pembelajaran berlangung penelitian bersama, guru melaukan observasi terhadap kualitas, interaksi siswa dalam melakukan pembelajaran dengan alat-alat peraga sederhana adalah:
a.    Menyiapkan alat
b.    Menggunakan alat
c.    Interaksi guru dengan siswa
d.   Interaksi siwa dengan siswa
e.    Kerjasama siswa dalam kelompok
f.    Kemampuan mengamati/menyimpulkan
g.    Ketrampilan dalam membuat laporan
h.    Kemampuan melaporkan hasil diskusi

4.    Refleksi
             Penelitian bersama guru kelas mengadakan refleki terhadap hasil tindakan pada siklus yang sudah dilaksanakan (siklus pertama). Bila masih terjadi kekurangan. Kemudian mendiskusikan rencana tindakan baru untuk mengatasi kekurangan-kekurangan tersebut yang akan dilaksanakan pada siklus berikutnya.



D.   Data dan Cara Pengumpulan Data
             Pengumpulan data dilakukan setiap siklus sejak perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi untuk komponen data yang diperlukan. Data diambil melalui lembar pengamatan, lembar observasi, wawancara, analisis dokumen dan diskusi dengan guru.
             Untuk analisis data penelitian menggunakan analisis dan refleksi dalam setiap siklusnya berdasarkan observasi yang terekam dalam catatan lapangan dan format-format pengamatan lainnya.

E.   Tim Peneliti
             Peneliti dilakukan oleh peneliti dan guru kelas IV itu sendiri
1.    Ketua : Supariah
2.    Anggota : kusumaning Dyah

DAFTAR  PUSTAKA


N.K. Roestiyah, Maalah-masalah Ilmu Keguruan, Jakarta, Bina Aksara 1989
Richubu. Gemar Belajar Matematika SD Kelas 5
Roy Hollands. Terampil Berhitung kelas 5. Penerbit Erlangga


Thanks for reading PTK Matematika Tentang Perbandingan Dua Bilangan

Related Posts

Your Comments

No comments:

Recent Posts

Copyright © DEDE JAMAL. All rights reserved. Template by CB Blogger