20 February 2018

PTK Peningkatan Hasil Belajar Matematika (Perkalian) Melalui Media Permainan

February 20, 2018

UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PERKALIAN) MELALUI MEDIA PERMAINAN PADA SISWA KELAS 2 SD


BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
   Pengalaman adalah guru yang paling berharga karena melalui pengalaman
berkesan dan merupakan proses pembelajaran bermakna. Pengalaman yang di peroleh
siswa akan semakin berkesan apabila proses pembelajaran yang diperoleh merupakan
hasil dari penemuan sendiri.
    Dalam proses pembelajaran matematika (perkalian) kelas 2 SDI Al Izhar Pondok
Labu, pada kenyataannya  masih ada masalah yang memerlukan perhatian para guru yaitu
dalam  pembelajaran  matematika (perkalian).
                Banyaknya siswa yang kurang menguasai konsep dasar perkalian menyebabkan
 hasil belajar yang tidak memenuhi standar . Kemampuan siswa yang berbeda-beda pada setiap kelas juga mempengaruhi hasil belajar yang mereka dapatkan.
     Kondisi ini diperparah karena siswa yang baru naik dari kelas 1 belum terampil
pada materi penjumlahan. Hal ini berlangsung dalam kelas dan belum menggunakan
fasilitas yang ada seperti media pembelajaran.

     Untuk itu harapan yang dimiliki oleh guru kelas 2 siswa dapat terampil dalam
pembelajaran penjumlahan. Proses tersebut membuat siswa tidak bergairah untuk balajar,
cenderung menimbulkan suasana bosan, apatis dan statis. Oleh karena itu  para siswa
mencari kesibukan dengan mengobrol dengan teman, dan bermain.
                  Untuk itu harapan yang dimiliki oleh guru kelas 2 siswa dapat terampil
pembelajaran penjumlahan agar siswa senang bermain penjumlahan dan dapat dengan
cepat berlatih perkalian dengan benar.
       Berdasarkan kenyataan tersebut, maka penulis tergerak untuk melakukan Penelitian
Tindakan kelas dengan judul” Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika (Perkalian)
Melalui Media Permainan”                
B.  IDENTIFIKASI  MASALAH
Dari latar belakang yang sudah dipaparkan, timbul masalah:
1. Apakah penyebab rendahnya prestasi siswa kelas II dalam pelajaran Matematika
    (perkalian)?
2. Apakah metode yang digunakan guru sudah sesuai untuk meningkatkan kemampuan  
    belajar Matematika (perkalian) siswa kelas II?

3.  Apakah dengan media permainan dapat meningkatkan  hasil belajar Matematika      
     (perkalian) siswa kelas II?
C. PEMBATASAN  MASALAH
      Berdasarkan latar belakang dan identifikasi masalah di atas, penelitian tindakan kelas
       hanya dibatasi pada
      1. Penggunaan media pernainan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika    
         (perkalian) siswa kelas II.
D. PERUMUSAN  MASALAH
Berdasarkan pada pembatasan masalah, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan:
“ Apakah penggunaan media permainan dapat meningkatkan hasil belajar Matematika (perkalian) siswa kelas II SDI Al-Izhar Pondok Labu?
E. TUJUAN PEMBELAJARAN
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam menganalisis  kemampuan siswa dan guru dalam meningkatkan strategi dan kualitas pembelajaran Matematika (perkalian) di SDI Al Izhar Pondok Labu Jakarta selatan.

F. MANFAAT HASIL PENELITIAN
Hasil penelitian diharapkan akan bermanfaat


   1.  bagi siswa            : siswa menjadi lebih tertarik dan antusias dalam belajar
                             Matematika (perkalian)
2.  bagi guru             : lebih mengembangkan kemampuan guru dalam mengajar
                            dengan model    pembelajaran yang lebih bervariasi
  3.  bagi sekolah         : terjadi peningkatan pada hasil belajar Matematika (perkalian) di
                                      SDI   Al  Izhar Pondok Labu

BAB II
KAJIAN TEORI
A.  Kajian Teori
Matematika merupakan salah satu disiplin ilmu yang tidak diragukan  kepentingannya
dalam dunia pendidikan, mengingat banyak sekali manfaat yang relevan dapat   dirasakan dalam
kehidupan sehari-hari.
            Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman
 belajarnya. Hasil belajar digunakan guru untuk dijadikan ukuran atau criteria dalam mencapai
tujuan.  
            Howerd kingsley membagi 3 macam hasil belajar, yaitu:
1. Keterampilan dan kebiasaan
2. Pengetahuan dan pengertian
3. sikap dan cita-cita.

            Glasersfeld menyatakan bahwa pengetahuan tidak dapat secara sederhana ditransfer
dalam bentuk sudah  jadi dari orang dewasa ke anak atau dari guru ke siswa tetapi harus aktif
dibangun oleh setiap siswa di (dalam ) pikirannya.

B. KERANGKA BERFIKIR
            Hasil belajar matematika tentang perkalian dikelas II SDI Al IzharPondok Labu belum
mencapai target yang di harapkan.
            Dengan menggunakan media permainnan diharapka hasil belajar matematika (perkalian)
akan meningkat.

C. HIPOTESIS TINDAKAN
            Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas.
Sementara itu model Kurt Lewin menjadi acuan pokok dari Penelitian Tindakan Kelas, yaitu
terdiri dari 4 komponen (a) perencanaan, (b) tindakan, (c) pengamatan, dan (d) refleksi.
                                                         Tindakan
                            Perencanaan                              Pengamatan
                                                           Refleksi
  






BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
A. Setting Penelitia
  1.   Waktu Penelitian    siswa/i SDI Al Izhar Pondok Labu, dengan jumlah siswa 26 orang , 16 laki-laki dan
        10  orang  perempuan.  Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan di SDI Al Izhar Pondok
       Labu, Jakarta Selatan untuk mata pelajaran Matematika (perkalian) pada  bulan September –
       Oktober  2011dengan latar belakang  ekonomi  menengah ke atas dan sibuk denga bermacam les.
 2.  Variabel yang diselidiki, yaitu keberhasilan proses  pembelajaran matematika dalam
       meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan media permainan.
B. Subjek Penelitian
Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II  tahun pelajaran 2011/2012 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang, yang terdiri dari 16 siwa laki-laki dan 10 siswa perempuan.
C. Jenis Penelitian
Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) karena ingin menerapkan pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika (perkalian) bagi siswa kelas II melalui media permainan di SDI Al-Izhar Pondok Labu.
D. Prosedur Penelitian
Penelitian Tindakan Kelas  yang digunakan adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi.




E. Metode Pengumpulan Data
1.      Tes, diperlukan untuk melihat hasil belajar siswa sesudah penelitian  dilakukan.
2.      Observasi, dilakukan pada saat penelitian sedang berlangsung.
3.      Wawancara, dilakukan sesudah penelitian dilakukan.
4.      Media permainan dilakukan pada saat penelitian berlangsung
F. Validasi Data
1.      Tes, berupa lembar soal dan jawaban siswa
2.      Observasi, berupa pedoman observasi
3.      Wawancara, berupa blangko panduan wawancara
4.      Dokumentasi, berupa kamera dan handycam
G. Metode Analisis Data
Peneliti menganalisa hasil tes dan pengamatan observasi hasil kolaborasi dengan uraian des
kritif  kualitatif.

DAFTAR PUSTAKA    
Sumber Elektronik: Warsih Djojosoediro.
__________: www.crayonpedia.org
__________: tpardede.wikispaces.com
Tim Penulis Uhamka. 2011. Modul PLPG SD
Trianto. 2010. Mendesain Mode-model Pembelajaran Inovatif-Progresif.

Thanks for reading PTK Peningkatan Hasil Belajar Matematika (Perkalian) Melalui Media Permainan

Related Posts

Your Comments

No comments:

Recent Posts

Copyright © DEDE JAMAL. All rights reserved. Template by CB Blogger