04 April 2018

PTK Meningkatkan hasil belajar matematika dengan metode demonstrasi SD

April 04, 2018

PROPOSAL
PENELITIAN TINDAKAN KELAS


UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGENAI BANGUN RUANG DENGAN METODE DEMONTRASI DI KELAS : VI SDN .............




BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang memerlukan usaha dan dana yang cukup besar, hal ini diakui oleh semua orang atau suatu bangsa demi kelangsungan masa depannya, demikian halnya dengan ini Indonesia menaruh harapan besar terhadap pendidik dalam perkembangan masa depan bangsa ini, karena dari sanalah tunas muda harapan bangsa sebagai generasi penerus bangsa dibentuk.

Meski diakui bahwa pendidikan adalah investasi besar jangka panjang yang harus ditata, disiapkan dan diberikan sarana maupun prasarananya dalam arti modal material yang cukup besar, tetapi saat ini Indonesia masih berkutat pada problematika (permasalahan) klasik dalam hal ini yaitu kualitas pendidikan. Problematika ini setelah di coba untuk dicari akar permasalahannya adalah bagaikan sebuah mata rantai yang melingkar dan tidak tahu dari mana mesti diawali.

Terkait dengan mutu pendidikan khususnya pendidik pada jenjang sekolah dasar (SD)dan madrasah ibtidayah (MI)  sampai saat ini masih jauh dari apa yang kita harapkan.  Betapa kita masih ingat dengan hangat akan standarisasi ujian nasional (UN) dengan nilai masing-masing pada mata pelajaran 4,51 dikeluhkan oleh semua para pendidik bahkan orang-orang tua siswa sendiri , karena anak dan siswanya tidak dapat lulus. Hal lucu yang sebenarnya tidak perlu terjadi . melihat kondisi rendahnya prestasi atau hasil belajar siswa tersebut beberapa upaya dilakukan salah satunya adalah dengan menggunakan metode demontrasi kepada siswa diharapkan siswa dapat meningkatkan aktifitas belajarnya, sehinnga terjadi penguatan terhadap materi yang diberikan disekolah dengan harapan siswa mampu meningkatkan hasil belajar dan prestasi siswa.

B.     Indentifikasi masalah
Bersama kolaborator/teman sejawat melakukan identifikasi terhadap permasalahan dikelas VI. Permasalahan yang berhasil diidentifikasi adalah sebagai berikut :
1.      Apakah melalui penggunaan alat peraga bangun ruang pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa ?
2.      Bagaimana cara agar siswa dapat termotivasi dalam proses pembelajaran matematika dengan menggunakan alat peraga?
3.      Bagaimana guru memperdayakan alat peraga dalam proses belajar mengjar?
4.      Bagaimana siswa untuk dapat aktif bertanya selama KBM berlangsung ?
C.     Pembatasan Masalah
Siswa yang mendapatkan perhatian dan perlakuan khusus tentunya akan menghasilkan atau menguasai yang berbeda pula dalam sebuah kelas atau kelompok bahkan perlakuan individual sekaligus dengan diberikannya perlakuan dan perhatian yang lebih baik dalam belajar disekolah maupun dirumah, tentunya akan lebih baik pula penguasaan rumus luas dan volume bangun ruang tentunya akan lebih baik pula penguasaan keterampilan atau konsep terhadap mata pelajaran – mata pelajaran yang dipelajarinya dengan menggunakan metode demontrasi secara rutin dengan baik akan mampu mengkondisikan dalam bentuk motivasi belajar bagi siswa itu sendiri.

D.    Rumusan masalah
Berdasarkan latar belakang permasalahan sebagai mana tersebut didepan , maka perumusan permasalahan yang diajukan dalam proposal adalah :
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG KELAS VI SDN CIJANTUNG 03 PAGI JAKARTA TIMUR.






BAB II
KAJIAN PUSTAKA DAN HIPOTESIS TINDAKAN

A.    Kajian Pustaka
1.      Pengertian Belajar
-          Skinner berpandangan bahwa belajar adalah suatu prilaku. Pada saat orang belajar maka responnya menjadi lebih baik dan sebaliknya bila tidak belajar maka responya menjadi menurun.
-          Sedangkan menurut Gagne belajar adalah seperangkat proses kognitif yang mengubah sifat stimulasi lingkungan, melewati pengolahan informasi , menjadi kapasitas baru.
-          Sedangkan menurut kamus umum bahasa Indonesia belajar diartikan berusaha supaya mendapat suatu kepandaian.
2.    Belajar dalam penelitian ini diartikan segala usaha yang diberikan oleh guru agar mendapat dan mampu menguasai apa yang telah diterimanya dalam hal ini adalah pelajaran matematika.
3.      Pengertian hasil belajar
-          Hasil belajar berarti hasil yang telah dicapai ( DepDikbud, 1995 : 787)
-          Sedangkan pengertian belajar adalah berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu.jadi prestasi pelajar adalah penguasaan pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai atau angka lyang diberikan oleh guru. Prestasi dalam penelitian yang dimaksudkan adalah nilai yang diperoleh siswa pada mata pelajaran matematika dalam bentuk nilai berupa angka yang diberikan oleh guru kelasnya setelah  melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya.
B.     Tujuan Penelitian
1.      Tujuan umum
Tujuan peneliti yang diharapkan dari penelitian ini menjadi masukan bagi guru dan siswa untuk meningkatkan belajar.
2.      Tujuan khusus
Adapun tujuan khusus dari penelitian ini :
“ untuk mengetahui apakah melalui metode demontrasi dapat meningkatkan prestasi belajar matematika bagi siswa kelas VI SD Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur
C.     Manfaat penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi :
a.       SD
Dengan hasil penelitian ini diharapkan SD Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur dapat lebih meningkatkan pemberdayaan metode demontrasi agar prestasi belajar siswa lebih baik dan perlu dicoba untuk diterapkan pada pelajaran lain.
b.      Guru
Sebagai bahan masukan guru dalam meningkatkan mutu pendidikan kelasnya.
c.       Siswa
Sebagai bahan masukan bagi siswa untuk memanfaatkan metode demontrasi untuk mengetahui luas dan volume bangun ruang untuk meningkatkan hasil belajar.







BAB III
METODELOGI PENELITIAN

A.      Setting Penelitian
1.      Tempat penelitian
Dalam penelitian ini penulis mengambil lokasi di SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur penulis mengambil lokasi atau tempat ini dengan pertimbangan bekerja pada sekolah tersebut, sehingga memudahkan dalam mencari data dan peluang waktu yang luas dan subyek penelitian yang sangan sesuai dengan profesi penulis.
2.      Waktu penelitian
Dengan beberapa pertimbangan dan alasan penulis menentukan dan menggunakan waktu penelitian selama 3 bulan, waktu dari perencanaan sampai penulisan laporan hasil penelitian tersebut pada semester 1 tahun pelajaran 2010/ 2011.
3.      Lama penelitian tindakan kelas
Waktu untuk melaksanakan tindakan pada bulan Okteber sampai Desember, mulai dari siklus satu dan siklus dua dan siklus tiga.

B.      Subyek Penelitian
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur dengan jumlah murid 38 orang terdiri dari perempuan 21 orang dan laki – laki 17 orang.
Pertimbangan penulis mengambil subyek penelitian tersebut dimana siswa kelas VI telah mampu membaca , menulis dan menghitung yang cukup. Selain itu menulis pengajar dikelas VI.
C.      Hipotesis tindakan
Hipotesis yang diajukan dalam proposal penelitian ini adalah :
DENGAN DEMONTRASI DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGENAI BANGUN RUANG DIKELAS VI SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur

1.      Teknik
Dalam kamus umum bahasa Indonesia tehnik diartikan cara (kepandaian) membuat sesuatu yang berkenaan dengan kesenian sedangkan tehnik yang dimaksud disini adalah cara tertentu yang dilakukan oleh guru yang akan dikenakan pada siswanya dalam rangka mendapatkan informasi tau laporan yang diinginkan.
2.      Metode demontrasi
Demontrasi adalah memperagakan alat peraga yang digunakan dalam kegiatan belajar dan mengajar yang memberikan umpan balik antara guru dan murid.
Berkaitan dengan pelajaran yang telah disampaikan guru untuk meningkatkan penguasaan konsep atau keterampilan sekaligus memberikan pengembangan.
D.     Prosedur Penelitian
Prosedur penelitian yang diterapkan dalam hal ini antara lain :
1.      Perencanaan
Meliputi penyampaian materi pelajaran , latihan soal, pembahasan soal, dan ulangan harian.
2.      Tindakan (action) kegiatan , mencakup
a.       Siklus I meliputi :
Pendahuluan ,kegiatan pokok dan penutup.
b.      Siklus II ( sama dengan I )
c.       Siklus III (sama dengan I dan II)

3.      Refleksi , dimana perlu adanya pembahasan antara siklus siklus untuk menentukan kesimpulan atau hasil dari penelitian.

Thanks for reading PTK Meningkatkan hasil belajar matematika dengan metode demonstrasi SD

Related Posts

Your Comments

No comments:

Recent Posts

Copyright © DEDE JAMAL. All rights reserved. Template by CB Blogger