Bagi anda yang ingin langsung mengunduhnya silahkan klik link dibawah artikel ini. Namun sebelumnya, saya akan memperlihatkan terlibih dahulu beberapa materi RPP yang mungkin sudah atau belum anda miliki, Dede tidak ingin memberikan file Hoax. silahkan dilihat terlebih dahulu materi RPP Kurtilas revisi 2018 PAI-BP Kelas 1 berikut ini :
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : ..........................................................
Kelas / Semester : I (Satu) / 1
Tema / Topik 1 : Kasih Sayang Nabi Muhammad saw.
Sub Tema : Kasih Sayang
Alokasi Waktu : 1 x
4 JP
A. KOMPETENSI
INTI
KI 1 : Menerima, menjalankan
dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami pengetahuan
faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat
bermain.
KI 4 : Menyajikan pengetahuan
faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI
DASAR
1.17 Meyakini
kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.17 Menunjukkan
sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah
keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.17 Memahami
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.17 Menceritakan
kisah keteladanan Nabi Muhammad saw..
C. INDIKATOR
1.17.1 Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.17.1 Menunjukkan sikap kasih sayang.
3.17.1 Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Muhammad
saw.
3.17.2 Menjelaskan sikap kasih sayang dari kisah keteladanan Nabi
Muhammad saw.
4.17.1 Menceritakan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi
Muhammad saw.
4.17.2 Menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Muhammad saw.
D. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Peserta
didik mampu:
v
Menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad
saw;
v
Menyebutkan kasih sayang Nabi Muhammad
saw;
v
Menunjukkan sikap kasih sayang Nabi
Muhammad saw.
Karakter siswa yang
diharapkan :
v
Religius
v
Nasionalis
v
Mandiri
v
Gotong Royong
v Integritas
E. MATERI
PEMBELAJARAN
v
Kisah keteladanan dan kasih sayang Nabi
Muhammad saw
F. PENDEKATAN &
METODE
Pendekatan
: Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik :
Example Non Example
Metode : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi
Dan Ceramah
G. SUMBER
DAN MEDIA
v Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
v Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
v Gambar/ Poster
v Multimedia Interaktif/CD Interaktif
/Video
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
v
Guru memulai pembelajaran dengan
mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius
v
Guru memeriksa kehadiran, kerapihan
berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan
kegiatan pembelajaran.
v
Guru menyapa peserta didik dengan
memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication
v
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
v
Guru dapat memanfaatkan media/alat
peraga/alat bantu dapat berupa illustrasi gambar atau tayangan visual (film)
yang relevan.
v
Guru dapat memanfaatkan model / strategi / metode pembelajaran yang
digunakan di antaranya (1) ceramah interaktif (menceritakan dan menjelaskan
kisah melalui gambar atau tayangan visual/film), (2) diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis eeting
artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud
saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya
agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar, dan dilengkapi dengan
lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.
|
10 menit
|
Inti
|
v
Guru meminta peserta didik mengamati
gambar tentang ciptaan Allah Swt di dalam buku teks. Communication
v
Peserta didik mengemukakan isi
gambar tersebut. Mandiri
v
Guru memberikan penjelasan tambahan
dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut. Communication
v
Guru meminta kembali pendapat
peserta didik dari isi gambar pada halaman berikutnya (suasana idul fitri,
anak-anak yang lain gembira sementara satu anak sedang bersedih). Critical Thinking and Problem Solving
v
Guru menyampaikan kisah singkat
kasih sayang Nabi Muhammad saw. (berkaitan dengan ilustrasi gambar tersebut).
v
Pada kolom “sikapku”, guru meminta
peserta didik bersama-sama mengucapkan “Aku cinta Rasulullah”. Religius
v
Guru membimbing peserta didik
membacakan salawat badar dan terjemahnya baris per baris/kalimat per kalimat. Communication
v
Pada kolom “ayo kerjakan” peserta
didik secara berpasangan dengan teman sebangku untuk memperhatikan dan
mencermati gambar tersebut Collaboration
v
Selanjutnya mengemukakan isi gambar
tersebut (kasih sayang seorang teman terhadap teman lainnya). Gotong Royong
v
Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru
membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (ü) pada kolom ‘ya’ atau
‘tidak’.
|
95 menit
|
Penutup
|
v
Bersama-sama siswa membuat
kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
v
Bertanya jawab tentang materi
yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v
Melakukan penilaian hasil belajar
v
Membaca do’a sesudah belajar
dengan benar (disiplin) Religius
|
15 menit
|
I. PENILAIAN
Guru melakukan penilaian terhadap peserta
didik dalam kegiatan mengamati gambar pada kolom “ayo kerjakan”.
Rubrik Penilaian
Aspek
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
|
Penguasaan materi
|
|
|
|
|
Penguasaan nilai-nilai
|
|
|
|
|
Keaktifan
|
|
|
|
|
Kesantunan
|
|
|
|
|
Catatan :
4 = Sangat Baik 3
= Baik 2 = Sedang 1 = Kurang baik
Mengetahui
Kepala Sekolah,
.................................., S.Pd.
NIP. ..................................
|
Ciambar, ...............................20......
Guru PAI dan BP
...................................., S.Pd.I
NIP. .......................................
|
Untuk anda yang membutuhkan file lengkap RPP Kurtilas Revisi 2018 PAI-BP Kelas 3 Sekolah Dasar silahkan Klik DISINI
![]() |
sumber gambar disini |
Thanks for reading RPP PAI-BP Kurtilas Kelas 1 SD revisi 2018
No comments:
Post a Comment