28 November 2018

RPP PAI-BP Kurtilas Kelas 1 SD revisi 2018

November 28, 2018
Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 seiring perubahan tahun berubah pula revisi terhadap kurikulum, dan sekarang Dede akan membagikan tentang Perangkat pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2018 tentang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti atau disingkat dengan RPP PAI-BP Revisi 2018 untuk kelas 1 SD.
Bagi anda yang ingin langsung mengunduhnya silahkan klik link dibawah artikel ini. Namun sebelumnya, saya akan memperlihatkan terlibih dahulu beberapa materi RPP yang mungkin sudah atau belum anda miliki, Dede tidak ingin memberikan file Hoax. silahkan dilihat terlebih dahulu materi RPP Kurtilas revisi 2018 PAI-BP Kelas 1 berikut ini :


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan :      ..........................................................
Kelas / Semester      :      I (Satu) / 1
Tema / Topik 1          :      Kasih Sayang Nabi Muhammad saw.
Sub Tema                  :      Kasih Sayang
Alokasi Waktu           :      1  x 4 JP

A.     KOMPETENSI INTI
KI 1   :    Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2   :    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3   :    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI 4   :    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR
1.17     Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.17     Menunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad saw. 
3.17     Memahami kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.17    Menceritakan kisah keteladanan Nabi Muhammad saw..


C.     INDIKATOR
1.17.1      Meyakini kebenaran kisah Nabi Muhammad saw.
2.17.1      Menunjukkan sikap kasih sayang.
3.17.1      Menyebutkan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
3.17.2      Menjelaskan sikap kasih sayang dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.17.1      Menceritakan sikap terpuji dari kisah keteladanan Nabi Muhammad saw.
4.17.2      Menceritakan kisah singkat keteladanan Nabi Muhammad saw.

D.     TUJUAN PEMBELAJARAN
Peserta didik mampu:
v  Menceritakan kisah singkat Nabi Muhammad saw;
v  Menyebutkan kasih sayang Nabi Muhammad saw;
v  Menunjukkan sikap kasih sayang Nabi Muhammad saw.
Karakter siswa yang diharapkan   :
v  Religius
v  Nasionalis
v  Mandiri
v  Gotong Royong
v  Integritas

E.     MATERI PEMBELAJARAN
v  Kisah keteladanan dan kasih sayang Nabi Muhammad saw

F.      PENDEKATAN & METODE
Pendekatan     : Scientific
Strategi             : Cooperative Learning
Teknik               : Example Non Example
Metode              : Penugasan, Tanya Jawab, Diskusi Dan Ceramah


G.     SUMBER DAN  MEDIA
v  Buku PAI dan Budi Pekerti PAI Kls I SD
v  Buku Kisah 25 nabi dan Rasul
v  Gambar/ Poster
v  Multimedia Interaktif/CD Interaktif /Video

H.        KEGIATAN  PEMBELAJARAN


Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
v   Guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa bersama. Religius
v   Guru memeriksa kehadiran, kerapihan berpakaian, posisi, dan tempat duduk peserta didik disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
v   Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik. Communication
v   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
v   Guru dapat memanfaatkan media/alat peraga/alat bantu dapat berupa illustrasi gambar atau tayangan visual (film) yang relevan.
v   Guru dapat memanfaatkan  model / strategi / metode pembelajaran yang digunakan di antaranya (1) ceramah interaktif (menceritakan dan menjelaskan kisah melalui gambar atau tayangan visual/film), (2) diskusi dalam bentuk the educational-diagnosis eeting artinya peserta didik berbincang mengenai pelajaran di kelas dengan maksud saling mengoreksi pemahaman mereka atas pelajaran/materi yang diterimanya agar masing-masing memperoleh pemahaman yang benar, dan dilengkapi dengan lembar pengamatan dalam pelaksanaan diskusi.
10 menit
Inti
v   Guru meminta peserta didik mengamati gambar tentang ciptaan Allah Swt di dalam buku teks. Communication
v   Peserta didik mengemukakan isi gambar tersebut. Mandiri
v   Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan yang dikemukakan peserta didik tentang isi gambar tersebut. Communication
v   Guru meminta kembali pendapat peserta didik dari isi gambar pada halaman berikutnya (suasana idul fitri, anak-anak yang lain gembira sementara satu anak sedang bersedih). Critical Thinking and Problem Solving
v   Guru menyampaikan kisah singkat kasih sayang Nabi Muhammad saw. (berkaitan dengan ilustrasi gambar tersebut).
v   Pada kolom “sikapku”, guru meminta peserta didik bersama-sama mengucapkan “Aku cinta Rasulullah”. Religius
v   Guru membimbing peserta didik membacakan salawat badar dan terjemahnya baris per baris/kalimat per kalimat. Communication
v   Pada kolom “ayo kerjakan” peserta didik secara berpasangan dengan teman sebangku untuk memperhatikan dan mencermati gambar tersebut Collaboration
v   Selanjutnya mengemukakan isi gambar tersebut (kasih sayang seorang teman terhadap teman lainnya). Gotong Royong
v   Pada kolom “insya Allah aku bisa” guru membimbing peserta didik untuk memberikan tanda (ΓΌ) pada kolom ‘ya’ atau ‘tidak’.
95 menit
Penutup
v   Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehari Integritas
v   Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
v   Melakukan penilaian hasil belajar
v   Membaca do’a sesudah belajar dengan benar (disiplin) Religius
15 menit


I.       PENILAIAN
Guru melakukan penilaian terhadap peserta didik dalam kegiatan mengamati gambar pada kolom “ayo kerjakan”.
Rubrik Penilaian

Aspek
Nilai
1
2
3
4
Penguasaan materi




Penguasaan nilai-nilai




Keaktifan




Kesantunan







Catatan :
4 = Sangat Baik              3 = Baik                   2 = Sedang               1 = Kurang baik


Mengetahui
Kepala Sekolah,




.................................., S.Pd.
NIP. ..................................
Ciambar, ...............................20......
Guru PAI dan BP




...................................., S.Pd.I
NIP. .......................................



Untuk anda yang membutuhkan file lengkap RPP Kurtilas Revisi 2018 PAI-BP Kelas 3 Sekolah Dasar silahkan Klik DISINI

sumber gambar disini



Thanks for reading RPP PAI-BP Kurtilas Kelas 1 SD revisi 2018

Related Posts

Your Comments

No comments:

Recent Posts

Copyright © DEDE JAMAL. All rights reserved. Template by CB Blogger